DASAR-DASAR
MICROSOFT WORD 2010
Microsoft Office 2010 merupakan perangkat lunak (software) office versi 14,
yang resmi di luncurkan pada bulan April 2010, versi ini adalah penerus ms.
office yang sudah dirilis sebelumnya: office 2000, office xp (2002), office
2003, dan office 2007.
Microsoft
office 2010 tersedia dalam beberapa paket edisi yang berbeda yaitu: edisi starter, home and student, home and
business, standard professional, professional academic, dan professional plus. Perbedaan
dalam setiap edisi office ada pada kelengkapan aplikasi dan harganya, berikut
perbedaan dari kelengkapan aplikasinya:
Edisi Office 2010
|
Apalikasi di dalamny
|
starter
|
Hanya tersedia aplikasi word dan excel khusus starter
edition
|
home and student
|
Word, excel, power point, onenote
|
home and business
|
Word, excel, power point, onenote, outlook
|
standard professional
|
Word, excel, power point, onenote, outlook,
Publisher, access
|
professional academic
|
Word, excel, power point, onenote, outlook,
Publisher, access
|
professional plus
|
Word, excel, power point, onenote, outlook,
Publisher, access, communicator, infopath, groove
|
Di lihat
dari tampilan dan program-program aplikasi nya Microsoft Office 2010 hampir sama dengan Microsoft
Office 2007 yang dirancang untuk dapat bekerja sama dan
berkolaborasi sebagai suatu program aplikasi tunggal yang diharapkan mampu
menyelesaikan berbagai pekerjaan anda sehari-hari dengan lebih efisien dan
efektif.
Pada modul 4 ini akan dibahas mengenai Dasar-Dasar Microsoft Word 2010. Microsoft
Word 2010
merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi sebagai pengolah kata
(Word Processor) yang akan membantu anda mulai dari membuat surat yang
sederhana sampai membuat laporan yang lengkap dengan berbagai format tampilan,
membuat dokumen berbentuk kolom, membuat tabel, membuat dokumen atau surat yang
akan didistribusikan secara masal (mail merge), dan masih banyak lagi yang
dapat anda buat pada program aplikasi Ms. Word 2010 ini
3.1
Menjalankan Program Aplikasi Microsoft Word 2010
Untuk memulai
atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word 2010,
langkah-langkahnya sebagai berikut :
1.Klik tombol yang ada di taskbar
2.Plih dan klik menu All Program > Microsoft Office>
Microsoft Word 2010
3.Tunggu sampai jendela kerja program aplikasi Microsoft Word
ditampilkan
Pada saat
anda memulai program aplikasi Microsoft Word 2010, secara otomatis dokumen baru yang
masih kosong yang diberi nama Document 1 akan ditampilakan dan
siap anda gunakan.
3.2 Bagian-Bagian Jendela
Microsoft Word 2010
Add caption |
|
3.3 Mengoperasikan Dokumen
3.3.1 Membuat
Dokumen Baru pada Ms. Word 2010
Anda dapat membuat dokumen baru yang masih kosong, dengan
menggunakan langkah-langkah berikut ini:
- Klik tab File,
kemudian klik New atau tekan
tombol Ctrl+N pada keyboard. Kotak dialog New Document akan ditampilkan
seperti Gambar
3.2
|
- Pilih dan
klik Blank Document kemudian
klik tombol perintah atau double
klik pada Blank Document.
- Maka akan muncul
dukumen baru yang masih kosong , anda dapat mulai mengetik dengan
keyboard (papan ketik).
3.4
Menyimpan Dokumen
Penyimpanan dilakukan agar dokumen tidak hilang ketika
komputer dimatikan, semua hasil
pekerjaan anda pada program aplikasi Ms. Word 2010,
dapat anda simpan dengan menggunakan langkah berikut ini:
1. Klik
tab File kemudian klik Save atau Save As atau tekan tombol Ctrl+S.
2. Pilih tempat penyimpanan dokumen, tentukan lokasi folder.
3. Pada kotak isian File
Name, ketikkan nama file yang anda inginkan.
4. Apabila diperlukan anda dapat memilih jenis dan bentuk
format penyimpanan file pada tombol daftar pilihan Save as Type
5. Klik tombol perintah
Save
Catatan
:
- Untuk menyimpan ulang dokumen yang pernah disimpan dengan
menggunakan nama yang sama klik Save atau tekan tombol Ctrl+S pada keyboard
- Jika anda bermaksud untuk menyimpan dokumen, yang pernah
anda simpan dengan nama yang lain/ berbeda pilih dan klik tab File lalu klik Save As
3.5
Membuka Dokumen
Untuk membuka kembali file dokumen , yang ada atau yang
pernah dibuat sebelumnya, ikuti langkah berikut:
- Klik tab File ,
kemudian klik open atau tekan tombol Ctrl+O
2. Pada tombol daftar pilihan Look in, pilih drive dan folder tempat dimana file tersimpan.
Anda juga dapat membuka kembali file yang tersimpan pada
folder tertentu yang terdapat pada folder bar. Untuk menampilakan isi folder
yang ada pada folder bar, cukup dilakukan dengan cara mengklik icon foldernya.
3. Pada kotak isian File
Name, ketikkan nama file dokumen
yang anda inginkan atau klik dua kali pada nama file yang anda inginkan.
4. Apabila diperlukan pada tombol daftar pilihan Files of Type , anda dapat memilih jenis dan bentuk format penyimpanan file yang
ingin ditampilakan atau dibuka kembali
5. Klik tombol perintah Open
3.6
Menutup Dokumen
Apabila dokumen telah selesai dan tidak akan anda edit
lagi, anda dapat menutupnya dengan memilih dan mengklik tab File kemudian klik
tombol
3.7
Mengakhiri Penggunaan Program Aplikasi Ms. Word 2010
Setelah anda selesai bekerja dengan program aplikasi
Microsoft Word 2010, anda
dapat mengakhirinya dengan menggunakan langkah berikut:
1. Simpan dokumen, yang sudah anda buat.
2. Klik tab File, kemudian
klik tombol atau klik tombol yang berada dipojok kanan atas
jendela kerja.
3. Tunggu sampai jendela program aplikasi Ms. Word 2010
ditutup.
3.8
Mengatur Format Teks dan Paragraf Pada Microsoft Word 2010
3.8.1 Mengatur
Format karakter atau Teks
3.8.1.1 Mengatur Format karakter
atau Teks Dengan Group Font
Untuk mengatur format karakter atau teks yang telah anda
ketik, ikuti langkah berikut ini:
1. Plih atau sorot format karakter atau teks yang akan anda
atur formatnya.
2. Pada Tab Home, dalam Group Font, klik salah satu tombol
perintah pengaturan format karakter atau teks. Contoh : Gambar 3.3
|
3.8.1.2 Mengatur Format karakter
atau Teks Dengan Kotak Dialog Font
Selain dengan cara diatas, anda juga dapat menggunakan
kotak dialog Font untuk mengatur format karakter atau teks. Langkah-langkahnya
sebagai berikut:
1. Plih atau sorot karakter atau teks yang akan anda format
2. Pada Tab Home, dalam Group Font, klik Font Dialog Box Launcher yang
berbentuk icon kecil yang ada disudut kanan bawah. Kotak Dialog Font akan
ditampilkan Lihat gambar 3.4
3. Pada kotak Dialog tersebut, klik Tab Font untuk mengubah
format tampilan karakter
4. Pada kotak daftar pilihan Font, pilih dan klik font yang
anda inginkan
5. Pada kotak daftar pilihan Font Style, pilih dan klik gaya
tampilan karakter yang anda inginkan.
6. Pada kotak daftar pilihab Size, pilih dan klik ukuran
karakter yang anda inginkan atau ketik ukuran yang anda inginkan pada kotak
isiannya.
7. Pada tombol daftar pilihan Font Color, pilih warna
karakter yang anda inginkan
8. Pada tombol daftar pilihan Underline Style, pilih jenis
garis bawah yang anda inginkan. Jika perlu, pada tombol daftar pilihan
Underline color, pilih warna garis bawah yang anda inginkan
9. Beri
tanda atau klik kotak cek efek yang anda inginkan pada bagian Effects
10. Klik
OK.
3.9
Menyisipkan Simbol
Untuk menyisipkan simbol khusus pada dokumen, ikuti
langkah-langkah berikut ini:
1. Tempatkan kursor ditempat anda akan menyisipkan simbol
2. Pada Tab Insert, dalam Group Symbols, klik Symbol. Kotak pemilihan simbol akan
ditampilkan
|
3. Pada kotak dialog tersebut, pilih dan klik simbol yang
anda inginkan, jika tidak ada simbol yang sesuai klik More Symbol
4. Untuk menyisipkan simbol yang telah anda pilih, klik
tombol perintah Insert atau klik dua kali pada simbol yang anda inginkan
3.10
Menggunakan Drop Cap
Drop Cap atau dropped capital letter adalah karakter atau
karakter pertama dalam paragraf yang ditampilak lebih besar dan mencolok. Untuk
memberikan drop cap pada awal paragra, langkahnya:
- Pilih atau
sorot karakter atau karakter pertama dari paragraf yang akan anda jadikan
drop cap
- Pada Tab
Insert, dalam Group Text, klik Drop Cap.
Kotak pemilihan drop cap akan ditampilkan.
|
- Pada kotak
pemilihan tersebut, pilihdan klik drop cap yang anda inginkan. Jika tidak
ada drop cap yang sesuai, klik
- Pada bagian
Position, pilih dan klik bentuk drop cap yang anda inginkan
- Pada bagian Option
anda dapat melakukan berbagai pengaturan pada drop cap tersebut
- Klik OK
3.11
Mengatur Perataan Teks dalam Paragraf
Perataan teks dalam paragraf dapat dilakukan dengan
posisi rata sisi kiri (left align), rata sisi kanan (right align), di tengah
(center) dan rata sisi kiri dan kanan (justify). Untuk mengatur parataan teks
langkahnya adalah:
1. Pilih dan tempatkan kursor pada paragraf yang akan anda
atur perataannya
2. Pada
Tab Home, dalam Group Paragraph, klik salah satu tombol perintah pengaturan
perataan teks berikut ini:
§ Align Left atau tekan tombol Ctrl+L, untuk
perataan kiri
§ Centered atau tekan tombol Ctrl+E untuk
penempatan di Tengah
§ Align Right atau tekan tombol Ctrl+R, untk
perataan kanan
§
Justify atau tekan tombol Ctrl+J,
untuk perataan dikiri dan kanan
Selain menggunakan cara di atas, anda dapat juga
melakukan pengaturan perataan teks dengan langjah sebagai berikut:
1. Pilih dan tempatkan kursor pada paragraf yang akan anda atur perataannya
2. Pada Tab Home, dalam Group Paragraph klik Paragraph Dialog Box Launcher yang
berbentuk icon kecil yang ada disudut kanan bawah.
3. Pada kotak dialog tersebut klik tab Indents and Spacing
4. Pada tombol daftar pilihan Alignment, pilih perataan teks
yang anda inginkan.
5. Klik OK
|
3.12
Mengatur Tabulasi (Tab Stop)
Untuk mengatur pemasangan tab stop, langkahnya:
- Tempatkan
kursor pada posisi awal penggunaan tab stop
- Pada Tab
Home, dalam Group Paragraph, klik Paragraph
Dialog Box Launcher yang berbentuk icon kecil yang ada disudut kanan
bawah.
- Pada kotak
Dialog Paragraph, klik tombol perintah Tabs.Kotak dialog Tabs akan
ditampilakan.
|
- Pada kotak isian Tab
stop position, ketik posisi tab stop yang anda inginkan
- Pada bagian Alignment,
beri tanda atau klik salah satu tombol pilihan
- Pada bagian Leader,
beri tanda atau klik salah satu tombol pilihan
- Klik tombol perintah
set, untuk memasang tab stop tersebut pada garis mistar
- ulangi langkah 3
sampai 6 untuk memasang tab stop lainnya
- Jika perlu klik tombol
perintah clear untuk menghapus tab stop tertentu yang tidak dibutuhkan
lagi atau klik tombol perintah clear all untuk menghapus seluruh tab stop
yang telah terpasang
- klik OK
3.13
Mengatur
Jarak Spasi Baris
Untuk mengatur jarak spasi baris pada paragraf tertentu,
ikuti langkah berikut:
- Pilih atau
tempatkan kursor pada paragraf yang akan anda atur jarak spasinya
- Pada Tab Home dalam
group paragraph klik Line Spacing. Kotak pemilihan jarak
spasi baris akan ditampilkan
|
- Pada kotak pemilihan
tersebut , pilih dan klik jarak spasi baris yang anda inginkan
- Klik OK
3.14
Page
Setup
3.14.1
Mengatur
Ukuran Kertas
Untuk mengatur ukuran kertas yang akan digunaka, ikuti
langkah berikut ini:
1. Pada
Tab Page Layout, dalam Group Page Setup klik Size.
2. Pada kotak pilihan ukuran kertas yang ditampilakan, pilih
dan klik ukuran kertas yang anda gunakan
|
3. Apabila ukuran kertas yang akan digunakan tidak ada yang
sesuai anda dapat melakukan pemilihan dan pengaturan ukuran kertasdengan cara
mengklik
4. Pada bagian Paper Size, lakukan pemilihan kertas atau
gunakan kotak Widht untuk menentukan lebar kertas dan kotak Height untuk
menentukan tinggi kertas sesuai dengan keinginan anda
5. Klik OK
3.14.2 Mengatur
Orientasi Kertas
Untuk mengatur posisi atau orientasi kertas yang
digunakan ikuti langkah berikut:
1. Pada Tab Page Layout, dalam Group Page Setup klik Orientation. Dengan langkah ini
kotak pemilihan orientasi kertas ditampilkan
|
2. Pada kotak pemilihan orientasi kertas, klik salah satu
pilihan yang anda inginkan
3.14.3 Mengatur
Batas Margin
Untuk mengatur batas margin yang akan digunakan, ikuti
langkah berikut ini:
1. Pada
Tab Page Layout, dalam group Page Setup, klik Margin. Maka kotak pemilihan batas
margin ditampilkan
|
2. Pada
kotak pemilihan tersebut, klik salah satu pilihan batas margin yang ingin anda
gunakan
3. Apabila
batas margin yang akan digunakn tidak ada yang sesuai, anda dapat melakukan
pemilihan dan pengaturan batas margin dengan cara mengklik maka kotak dialog page setup – Tab Margin akan
tampil
4. Pada
bagian Margins, tentukan jarak batas margin yang anda inginkan diantaranya :
Top, Bottom, Left, Right
5. Klik
OK
3.15
Page
Number (Memberi Nomor Halaman)
Word 2007 menawarkan berbagai alternatif dan kemudahan
dalam menempatkan dan menampilkan nomor halaman. Nomor halaman yang anda
teempatkan juga merupakan bagian dari Header dan Foote. Untuk memasang nomor
halaman pada dokumen anda, ikuti langkah berikut:
1. Pada
Tab Insert, dalam Group Header & Footer, klik Page Number. Maka kotak pemilihan penempatan
nomor halaman akan tampil.
|
2. Dengan
kotak pemilihan penempatan nomor halaman tersebut anda dapat memilih letak
halaman yang anda inginkan
3. Untuk pengaturan penempatan nomor halaman lebih lanjut,
pilih dan klik
|
4. Pada kotak daftar pilihan Number format, pilih dan klik
bentuk format penomoran yang anda inginkan
5. Jika
ingin dilengkapi atau diawali BAB atau Chapter beri tanda atau klik kotak cek
Include Chapter Number. Kemudian
tentukan Style dan separator yang ingin anda gunakan
6. Pada bagian Page Numbering, tentukan apakah penomoran
halaman ingin melanjutkan penomoran sebelumnya atau penomoran halaman dimulai
dengan angka awal halaman tertentu
7. Klik
OK
8. Untuk
menghapus penomoran halaman, pada Tab Insert dalam Group Header&Footer klik
Page Number. Kemudian pilih dan klik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar